Dear Parents, I Love You.

payents

Sepinter apapun orang, mau dia ilmuan atau peramal sekalipun, gak akan bisa nebak kapan kematian itu bakal dateng. Satu hal misterius yang gak akan pernah bisa di prediksi sama mahluk hidup dimanapun, kecuali Tuhan.

Ngomongin tentang kematian, ada kutipan yang gue ambil dari salah satu ucapan temen sekelas gue. Dan dia ngomong kayak gini:

” Kita semua itu calon Almarhum. Inget, tuh!”

Agak serem sih pas temen gue ngomong kayak gini. Tapi kadang, ucapan temen gue ini ada benernya juga.

Gue sebenernya agak miris, sih. Soalnya kejadian yang mau gue ceritain ini terjadi sama tetangga gue sendiri. Buat kalian, semoga postingan kali ini bermanfaat, ya :)

Okay, happy reading everyone!

***

Jadi gini, waktu itu nyokap kirim pesan singkat pas gue lagi ada di sekolahan. Gue juga agak bingung, sih, tumben banget pagi pagi begini nyokap kirim pesan ke gue. Yaudah, karena gue takut ada berita penting ataupun sejenisnya, gue pun buru-buru ngecek hape dan baca pesan dari nyokap.

” dek, tetangga kita ada yang meninggal “

What? yaAllah, gue agak shock pas ngebacanya. Bukannya apa-apa, masalahnya, baruuu aja seminggu yang lalu tetangga gue ada yang meninggal gara-gara penyakit Diabetes, ehhh sekarang ada yang meninggal lagi.

Karena gue kepo siapa yang meninggal kali ini, gue pun langsung nelfon ke nyokap. Dan di akhir telfon, nyokap ngomong gini

” nanti pas pulang sekolah, mama ceritain “

****

Pas gue udah sampe rumah, gue langsung nyariin nyokap. Dan ternyata, nyokap lagi duduk santai di ruang makan sambil asyik bikin Ketan Srikaya

” ma, tetangga kita yang meninggal tuh yang mana, sih?”

Nyokap pun cuma jawab seadanya sambil sibuk bikin Ketan Srikaya di meja makan ” itu dekk, si nenek”

Nenek? Nenek siapa?

” nenek yang mana sih, ma? ” tanya gue kebingungan.

” itu loh nenek yang rumahnya persis di depannya rumah oma Marsinah”

” ohhhhhh ” gue pun membulatkan bibir ” terus terus gimana lagi, ma? ceritain lagi, dong. Penasaran nih, aku”

Karena gue kekeuh banget minta nyokap buat cerita, nyokap pun akhirnya berhenti bikin Ketan Srikaya dan mulai bercerita.

” Jadi tuh gini.. Tadi pagi, oma Marsinah tiba-tiba dateng kerumah sambil gedor- gedor pintu kayak orang panik. Padahal pas oma kesini, mama lagi mandi, tuh. Yaudah, mau gak mau, mama cepetin aja mandinya ”

Gue cuma manggut- manggut

” Pas mama udah buka pintu, oma Marsinah langsung ngasih tau kalo si nenek meninggal. Tapi disini, masalahnya tetangga satupun gak ada yang tau nenek udah wafat. Dan cuma oma Marsinah aja yang tau. Karena oma Marsinah gak tau harus ngabarin siapa, makanya dia kesini dan minta tolong mama buat ngurusin jasad si nenek”

” lah lah, emang keluarganya gak ada yang ngurusin, ma ?” gue keheranan.

” keluarganya sih ada, dek. Tapi cuma ada anak angkatnya aja, si Panji. Tapi yang mama sama oma Marsinah gak abis pikir, pas kita berdua kerumah si nenek, cuma ada satu suster yang lagi duduk anteng di depan rumah, dan dia bilang gak ada orang sama sekali. Nah, pas Oma nanya ini- itu ke si suster, akhirnya si suster itu ngomong ke mama sama oma ”

” ngomong apa emangnya ?”

Nyokap diem sebentar. ” jadi si suster itu ngomong gini; Sebenernya ada anak angkatnya– Panji– tapi saya di suruh nunggu di sini. Jasad si nenek sekarang ada di ruang tengah. Tapi pak Panji sekarang lagi tidur di kamar barengan sama tiga temen-temennya yang dua cewek satu laki-laki ” 

” jadi jasadnya si nenek di anggurin aja gitu di ruang tengah rumahnya?!”

Nyokap ngangguk pelan ” iya, jadi jasad si nenek di baringin di ruang tengah, terus si Panji malah tidur di dalem kamar sama tiga temennya. Mama tau sih si nenek itu bukan ibu kandungnya Panji, ya tapi gimanapun juga si nenek yang ngerawat Panji dari kecil. Dosa banget itu. Miris ”

Astagfirullahalazim. Ada anak yang kayak gitu, ya. Ngebiarin jasad orang tuanya geletak di ruang tengah, eh malah asik tidur bareng sama temen-temennya di dalem kamar dan gak ngurusin jasadnya. Jangan di tiru, ya, teman-teman :)

Jadi tuh gini, sebenernya si nenek meninggalnya di Rumah Sakit pukul 22.00 senin malam. Nah, pas selasa pagi, ada mobil Ambulance nganterun jasad si nenek kerumah duka. Tapi tetangga satupun gak ada yang tau kalo ada mobil ambulance yang dateng, soalnya sirine-nya d-i-m-a-t-i-i-n. Dan anak angkat si nenek, si Panji, kayak gak mau kalo tetangga pada tau kalo si nenek udah meninggal dan kesannya di tutup-tutupin banget. Padahal nyokap sama oma Marsinah udah baik banget beli bendera kuning- air mawar sama bunga buat jasad si nenek. Ehhhh pas mereka berdua mau masuk ke rumah, maksudnya mau yasinin jasad si nenek, tiba-tiba si Panji yang katanya mirip banget sama Ahmad Dhani keluar dari dalem kamar bersama temen ceweknya dan berdiri persis di depan pintu rumah saat nyokap sama Oma Marsinah mau masuk ke rumah. Dan pas oma udah ngasih air mawar-bunga sama bendera ke si Panji, dengan santainya cuma bilang gini….

Gambar

” Makasih ya ibu- ibu udah mau kesini. Terimakasih banyak “

” Brukkk! ” pintu rumahnya langsung di tutup sama si Panji. Itu berarti kan si Panji secara halus ngusir nyokap sama oma Marsinah dari rumahnya dia. Orang niatnya baik mau ngelayat, malah di gituin. Ya Allah……

Tapi akhirnya, keluarga si nenek pun satu per satu pun berdatangan buat ngelayat. Alhamdulillah, deh. Seengganya ada yang ngurusin jasad si nenek. Tapi gak tau deh, apa tetangga pada boleh ngelayat. Seengganya nyokap sama oma Marsinah udah berbaik hati ngasih tau ke orang- orang kalo si nenek meninggal, walaupun kondisinya lagi ujan, mereka berdua tetep sibuk ngasih kabar ke tetangga- tetangga.

Gue gak habis pikir, orang tua ngerawat kita dengan cinta dan ngorbanin segala apa yang mereka punya hanya demi kebahagiaan kita dan tanpa minta balasan dari apa yang mereka udah kasih. Tapi contoh cerita di atas itu adalah tamparan keras buat gue dan jadi suatu pembelajaran berharga….

Orang tua hanya ingin melihat anaknya bahagia dan mempunyai kehidupan yang jauh lebih baik dan layak ketimbang diri mereka sendiri. Mereka gak meminta balasan dari apa yang pernah mereka kasih ke kita. Mereka enggak butuh uang kita, mereka hanya butuh kasih sayang dan waktu untuk menemani hari hari tua sebelum Tuhan memanggil dan mencabut nyawa mereka “

Gambar

Love your parents, guys! :”)

Iklan

2 thoughts on “Dear Parents, I Love You.

Udah selesai dibaca? Okedeh, silahkan di komen, ya!:)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s