Habis Ujian Terbitlah Kebebasan

Gambar

 

Welcome long holiday and i am be……

Pengangguran.

Yap, menjadi pengangguran selama kurang lebih lima bulan kedepan adalah salah satu bonus yang gue dapatkan setelah selesai melalui masa kritis bagi anak SMA, yaitu Ujian Nasional. Seneng sih rasanya udah melewati ujian yang satu ini. Selama kurang lebih enam bulan, gue bersama teman-teman yang lain mengikuti Pedalaman Materi (PM) dan mengerjakan banyakkk TryOut (TO) yang bisa bikin eneg, bahkan gumoh karena harus berhadapan dengan soal-soal setiap hari.

INTINYA SIH, CAPEK-PENAT-BOSEN BANGET.

Tapi at least, semua rasa lelah itupun terbayar karena Ujian Nasional udah bisa terlewati. Allhamdulillah

Ngomongin tentang Ujian Nasional, ada salah satu hal yang bikin gue rada shock pas pertama kali tau hal ini. Gimana enggak shock, waktu itu gue baca di situs okezone.com kalau ternyata soal Ujian Nasional yang sekarang itu setara sama Ujian dunia! Kebayang kan susahnya soal kayak gimana? Di tambah lagi sama dua puluh paket soal, yang setiap soalnya di pasangin barcode kayak barang-barang di supermarket. Double kan ribetnya?

Dan satu hal yang mau gue bilangin..

Ujian Nasioanl Jauh lebih sulit daripada TryOut

Gue enggak tau, sih, pendapat gue yang ini bakal berlaku buat angkatan berikutnya. Tapi yang jelas, di angkatan gue, soal Ujian Nasioanal itu susahhh banget dan banyak yang melenceng dari soal-soal Tryout. Tapi semoga aja, angkatan berikutnya yang bakal mengikuti Ujian Nasional, soalnya lebih mudah, ya.

Oia ngomong-ngomong, gue mau ceritain tentang pengalaman selama menghadapi Ujian Nasional kemarin, nih. Banyak banget hal aneh yang gue rasain selama Ujian. Iya, cuma gue doang yang ngerasain.

Hari pertama Ujian Nasional,

Gue dateng dengan santainya sekolah. Sesampainya di kelas, gue ngeliat denah tempat duduk yang ditempel di jendela kelas. Gue cari foto gue di denah itu, dan akhirnya ketemu. Rasanya seneng luar biasa karena di denah itu, foto gue paling bawah di deretan nomor tiga. Gue udah berandai-andai;

devil

Wahh, bisa nyontek, nih. Asik

Tapi kesenangan itu enggak bertahan lama karena salah satu temen gue ngomong…

” Li, lo duduknya di depan tau, sama kayak gue “

Gue mengkerutkan dahi, terus bilang ” lah apaan sihh, liat dong, di denahnya aja, foto gue paling bawah “

Temen gue cuma bisa mengecap lidah, lalu nunjuk ke denah tempat duduk yang di tempel di jendela.

” Li, yang paling bawah itu justru nanti duduknya paling depan, persis depan pengawas. Liat deh, di bawah foto lo ada bacaan ‘meja pengawas’ “

Gue perhatiin baik-baik denahnya, dan bener aja, gue duduk paling depan. Yang awalnya posisi duduk gue di belakang, sekarang jadi pindah ke depan gara-gara di rolling dari Dinas.

Gambar

Gue panik

Gue enggak tau harus ngapain, mau nyontek rasanya enggak mungkin, karena kalau gue nyontek, berarti gue cari mati. Posisi tempat duduk yang paling di takutin, dan tempat itu jadi gue yang dudukin dan akan jadi penentu hidup mati gue selama tiga tahun di sekolah, dan cuma di tentuin selama tiga hari Ujian Nasional. Untungnya sih gue udah belajar dua minggu sebelum Ujian. Tapi tetep aja, kita enggak bakal tau soalnya kayak gimana, kan?

Hari pertama Ujian Nasional, di mulai dengan pelajaran Bahasa Indonesia-Geografi. Pas mengerjakan Bahasa Indonesia, Allhamdulillah, lancar. Pas Geografi, agak-agak susah dikit, dan mau enggak mau, gue pakai jurus ” ngada-ngada “. Tapi ada satu momen yang bikin deg-degan. Ada salah satu pengawas gue yang cowok, tiba-tiba nyamperin ke  arah temen gue, Kiki sama Bale yang lagi asyik ngobrol. Pengawas itu akhirnya berdiri di dekat si Kiki, dan ngeliatin si Kiki tanpa kedip sama sekali. Gue yang lainnya pada bingung ngeliatinnya; ada apaan, sih?. Gue pikir, itu pengawas nyamperin Kiki karena tau kalo Kiki nyontek. Akhirnya, si pengawas itu ngomong;

” itu kamu ya yang gambar? ”

Si Kiki bingung ” gambar apaan, pak? ”

Si bapak pengawas itu cuma tersenyum tipis, lalu menunjuk ke arah sudut papan tulis yang posisinya deket sama meja pengawas. Dan sontak aja, satu kelas pada ketawa saat melihat gambar di sudut papan tulis. Ternyata ada gambar;

Titit

Asli parah banget. Untung pengawasnya cuma cengengesan pas ngasih tau ada gambar hina disitu. Dan yang bikin temen-temen gue ketawa ngakak, pas Bale mau menghapus gambar titit itu, tau-taunya engga bisa hilang. Berkali-kali si Bale coba buat hapus gambar titit itu pakai tisu, tapi tetep aja engga ilang.

” anjirr! ini gambarnya pake spidol permanen ” seru si Bale sambil cekikikan

Gambar

Temen-temen di kelas gue pada ketawa (lagi)

Intinya sih, hari pertama Ujian, Allhamdulillah lancarr.

Hari kedua Ujian Nasional di mulai dengan pelajaran Matematika- Sosiologi. Sumpah, pas Matematika, gue cuma bisa ngerjain satu soal yang pakai rumus. Selebihnya? Ngaco semua. Enggak ngerti lagi deh sama pelajaran ini. Gue mau nyontek sama temen sebelah gue, si Bale, yang pegang kunci jawaban pun enggak bisa gue contekin. Gimana mau nyontek, gue cuma tarik kaos kaki aja di liatin. Jujur aja sih, pas ujian Matematika, temen gue Bale sama Kiki baikk banget mau bantuin gue, sampai nanyain gue terus-terusan; ” Li, udah dapet kunci jawaban belom? ”

gue cuma menggeleng lemah ” belom, ki ”

Terus, si Bale langsung nyamber ” coba Li, liat soal lu kayak gimana, entar gue salinin jawabannya ”

Dan pas gue mengangkat sedikit soal gue, pengawas pun langsung nyeletuk ” eh kamu ngapain ! ”

Oke, gue pun enggak dapet jawaban. Dan mau enggak mau, gue harus ngerjain soal pakai jurus ngada-ngada ‘lagi’–kayak Geografi– dan enggak tahu hasilnya bener apa enggak. Dan jujur aja, gue takut enggak lulus karena satu pelajaran ini. Serius, gue enggak bohong. Emang Matematika yang menghambat gue sejak gue TK sampai SMA. Sekeras apapun gue belajar Matematika, ya emang dasarnya gue udah lemah sama yang namanya hitung menghitung, pas berhadapan sama soal, langsung ngeblank.

Gambar

Pas Sosiologi, Alhamdulillah banget gue bisa mengerjakan soalnya dengan lancar. Walaupun ada beberapa soal yang bahasanya aneh, itu bisa gue kerjain pakai logika. Dan kebetulan pas Ujian Sosiologi, ruangan gue dapet pengawasnya baik banget, mana kocaknya minta ampun. Yang satu putih-gendut, yang satunya lagi hitam manis-sipit. Adaaaa aja yang mereka berdua lakuin, entah tukeran permen sampai ngeluarin kata-kata yang bikin ketawa. Pas di awasin sama mereka berdua, serasa kayak lagi sekolah biasa, enggak kerasa kayak Ujian Nasional.

Hari ketiga, tepatnya hari terakhir Ujian Nasional pun tiba, dan di tutup dengan pelajaran Bahasa Inggris dan Ekonomi. Gue enggak bisa berhenti bersyukur sama Allah karena gue bisa mengerjakan soal dengan sangat lancarrr. Bahkan pas Ekonomi, gue dapet contekan dari Bale sama Aip. Pokoknya buat Bale-Aip sama Kiki, makasih banget mau bantuin gue :”) Makasih banyak teman-teman.

 

Dan horeee! Akhirnya Ujian Nasional telah berakhir dan gue pun bebas. Tapi tetep aja gue masih nunggu hasil Ujian Nasional tanggal 20 Mei 2014. Semoga gue dapat hasil yang terbaik, ya. Amin

Gambar

Im free now. Yippi.

 

 

 

Iklan

Udah selesai dibaca? Okedeh, silahkan di komen, ya!:)

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s