Kegagalan Yang Berakhir Senyuman

Gambar

Semua orang pasti pernah ngerasain hal yang satu ini. Satu hal dimana kita udah berusaha semaksimal mungkin, namun pada akhirnya, kita gagal dan hasilnya engak sesuai dengan harapan. Iya, itu pasti rasanya sedih dan kecewa banget.

Jujur aja, gue merasa sangat gagal karena dua hal ini. Dua hal yang menurut gue bisa mengubah hidup gue yang tadinya ordinary become extraordinary. Kalo kebanyakan temen gue menghabiskan waktu liburan dengan tidur-makan dan bermain, gue lebih memilih untuk mengisi waktu liburan kali ini dengan berkutat dengan laptop dan membuat otak gue berpikir lebih keras dari biasanya. Gue berusaha sekuat yang gue bisa dengan mengikuti berbagai macam kegiatan lomba yang bisa di ikuti via online.

Awalnya, gue merasa semangat banget dengan dua hal ini. Gue berpikir, kalo dua hal inilah yang akan mengubah hidup gue jauh lebih baik lagi. Namun ternyata, sebaliknya

Sedih dan kecewa bercampur jadi satu.

 

70 Videos and 30 Voice Recorders.

Gambar

Waktu itu, gue lagi iseng main Twitter .Dan ketika gue lagi ngeliatin TimeLine, salah satu akun yang gue follow update status tentang lomba covering lagu Taylor Swift dengan cara membuat Video, terus di upload ke wallscornetto.com. Disini gue mikir;

” Wahh, lumayan, nih. Gue ikutan, ahh “.

Nah karena gue penasaran sama lomba ini, gue pun akhirnya buka website Cornetto dan membabaca syarat dan ketentuan buat ikutan lomba ini. Dan setelah gue baca, gue mutusin buat ikutan lomba Video Taylor Swift. Dan yang Videonya terpilih, bakal berkesempatan buat tampil di konser Taylor Swift dan dapet kontrak nyanyi dari salah satu label ternama. Wahh siapa yang enggak mau kesempatan emas kayak gitu? Dan inilah alasannya kenapa gue semangat banget buat ikutan lomba ini. And FYI, ini pertama kalinya gue ikutan lomba dalam bentuk Video. Jadii, enggak ada salahnya buat coba ikutan lomba ini.

Dari situ, gue jadi lebih sering menyanyi dari biasanya. Gue awalnya browsing buat mencari lagu Taylor Swift yang pas sama suara gue. Gue coba beberapa kali Download lagunya Taylor yang menurut gue enak buat di nyanyiin. Kalo di hitung, bisa tiga atau empat lagu yang gue coba dengerin. Dan setelah seharian gue coba, akhirnya gue memilih satu lagu yang bakal gue nyanyiin. Dan lagu yang gue pilih itu adalah;

Gambar

Taylor Swift- Enchanted

Akhirnya, lagu inilah yang gue pilih. Karena setelah gue coba buat di sesuaiin sama suara gue, ternyata lagu ini yang menurut gue pas banget. Soalnya, rata-rata lagu Taylor Swift bernada tinggi dan agak cempreng, sedangkan suara gue bernada rendah dan berat kayak suara anak laki. Berbanding jauh banget, kan?

Jadi gue memutuskan buat nyanyiin lagu Enchanted.

Selama seminggu gue melatih suara gue supaya cocok dengan lagu ini. Karena gue mau memanfaatkan waktu sebaiknya-baiknya, gue latihan menyanyi di berbagai kesempatan. Contoh kecilnya aja nih, kalo pagi hari, sehabis olahraga, gue langsung pergi menuju dapur buat mencuci piring dan gelas. Nahh, pasti lagi mencuci piring lah gue menyempatkan diri buat latihan nyanyi. Intinya, gue bener-bener latihan nyanyi di berbagai kondisi, selagi gue bisa melatih suara gue supaya lebih halus lagi. Walaupun gue tau, kakak gue udah marah-marah denger gue nyanyi dan selalu bilang;

Berhenti kenapa nyanyinya!

Sabar.

Dua hari sebelum gue mutusin buat merekam Video, gue mencoba buat merekam suara gue dulu lewat Voice Recorder. Awalnya, gue cuma mau merekam sepuluh lagu. Tapi setelah gue dengerin lagi suara gue, dan ngerasa suaranya belom bagus, gue jadi keterusan merekam suara. Dan pada akhirnya, tiga puluh rekaman suara pun berhasil gue rekam. Fiuhh.

Dan tepat seminggu gue latihan nyanyi, akhirnya hari itu ( gue lupa harinya ) gue memutuskan buat merekam Video.

Dari yang tadinya cuma mau merekam 2-3 Video….

Jadi 10 Video…

Berlanjut lagi jadi 25 Video…..

Di tambah lagi jadi 40 Video…..

Merasa belom puas, Video yang gue rekam bertambah lagi jadi 60….

Dan gue pun merasa sudah puas pas udah merekam Video yang ke 70 kalinya…..

Gue pun akhirnya berhenti merekam Video yang ke 70 kalinya. Gue berhenti karena di rumah gue tiba-tiba hujan deras dan banyak petir yang menggelegar. Jadi gue memutuskan buat berhenti.

Gue merekam Video itu dari jam 9 pagi sampai jam 3 sore. Memang sih capek, tapi karena gue niat banget mau ikutan lomba ini, gue enggak mikirin kondisi badan gue. Bahkan gue dari pagi juga enggak makan karena terlalu asik merekam Video. Sampai pada akhirnya, saat gue mau upload video yang gue rekam, gue membaca salah satu tulisan yang sukses bikin gue shock..

Tolong Submit link URL video Cover Taylor Swift- 22

Gue salah nyanyiin lagu Taylor Swift. Ternyata ada satu ketentuan buat ikutan lomba ini yang belom gue baca, dan harusnya memang gue baca. Kalo perlu gue stabilo. Tulisan itu bilang kalo yang ikutan lomba covering lagu Taylor Swift harus menyanyikan lagu yang berjudul Twenty two (22). 

Disini gue lemes banget. Dari seminggu yang lalu gue latihan nyanyi lagu Enchanted, merekam suara sampe 30 Voice Recorder dan 70 Video ternyata SALAH LAGU.

Yang gue lakukan saat itu cuma matiin laptop, terus tidur.

Good Bye, Singapore.

Gambar

Nah, satu hal ini nih yang jadi harapan besar gue. Di Twitter, gue ngefollow salah satu famous backpacker Indonesia yang bernama Ariev Rahman. Nah disitu, kak Ariev lagi mengadakan kuis Free Trip To Resort World Sentosa secara cuma-cuma, alias gratis . Siapa yang enggak mau, coba? Jalan-jalan gratis ke luar negri ditemenin sama backpacker Indonesia. Gue mikir, kalo misalkan gue menangin kuis ini, berarti ini bakalan jadi pengalaman pertama gue buat pergi ke luar negri. Wahh disini gue udah berandai-andai entah kemana…

Tepat tanggal 21 April, gue mutusin buat ikutan kuis Free Trip To Resort World Sentosa dengan cara menulis di blog, lalu mengirimkan link-nya ke Twitter kak Ariev dan @RWSID. Dan FYI, gue menulis postingan di blog buat ikutan kuis ini di kamar gosokan baju. Meskipun gue harus mengetik di antara gunungan baju yang ada di sekeliling gue, tapi yang jelas, gue merasa enggak keganggu dengan suara-suara bising televisi dan bisa konsentrasi penuh buat ngetik tulisan di blog.

Yang ikutan kuis ini di haruskan buat nulis hal-hal gila apa yang bakal di lakuin kalo terpilih jadi pemenang. Jawabannya macem-macem, deh. Ada yang mau melukin pengunjung USS, mau gemblok–gendong seseorang di punggung–  kak Ariev-nya, pesta Duren di Singapore, bahkan sampe ada yang mau make kostum Gatot Kaca di USS. Intinya pada niat banget buat ikutan kuis ini.

Kalo gue?

Gue cuma bilang; Kalo misalkan gue kepilih jadi pemenang kuis ini, gue bakal nari piring di sana sambil bilang ” I’m dancing! I’m dancing! “. 

Karena gue udah ikutan kuisnya, sekarang gue tinggal menunggu pengumuman pemenangnya yang tanggal dan harinya belom di kasih tau sama Kak Ariev. Batas ikutan kuis pokoknya sampai tanggal 26 April. Tapi pada akhirnya, setelah gue stalking akun Twitter si Backpacker berkulit hitam manis ini, kak Ariev pun mengumumkan pemenangnya tanggal 28 April ( Senin malam ). Dan di situ gue udah mulai deg-degan banget.

Semenjak gue ikutan kuis ini, gue pun menulis sesuatu di selembar kertas yang selalu gue bawa kemana-mana. Gue nulis ini di kertasnya;

Aku akan terbang ke Singapore bareng sama seorang Backpacker Indonesia

yang bernama Muhammad Arief Rahman. Amieenn :”)

Setiap gue sehabis shalat, gue pasti nyempetin buat baca tulisan ini, terus gue cium kertasnya sambil ngomong dalam hati

Kalo misalkan ini rezekinya Lia, dekatkanlah rezeki ini padaku yaAllah “

Emang kesannya terlalu berlebihan. Tapiiii yang namanya orang udah usaha dan berharap bisa dapetin apa yang mau di dapetin, wajar aja sih kalo menurut gue bersikap kayak gitu. Yang jelas, gue udah berusaha dan berdoa. Tinggal nungguin hasilnya aja.

Balik lagi ke detik-detik pengumuman pemenang kuisnya. Gue nungguin kak Ariev kasih tau pemenang kuisnya sambil nahan ngantuk, karena dari siang gue enggak bisa tidur karena mikirin hal yang satu ini. Gue bener-bener gelisah banget. Yaudah tuh, Gue tetep aja mantengin TimeLine Twitter, sampai-sampai gue ketiduran sebentar dengan posisi duduk dan senderan di tembok. Dan pada akhirnya, kak Ariev pun Update Status tentang siapa yang jadi pemenang kuis ini. Dan ternyata…….

Yang menang cowok. Usernamenya @Edoding

Gue disini cuma bisa diem dan langsung menyendiri di ruang gosokan sambil nangis. Sedihh banget rasanya pas tau kalo gue enggak menangin kuis ini. Harapan gue buat bisa pergi ke Singapore udah kandass.

Gambar

Oke, memang dua hal ini bikin gue sedih dan enggak semangat lagi buat ngapa-ngapain. Tapi kalian tau, gak? Keesokan paginya, ketika gue mengingat tentang kejadian-kejadian yang bikin gue sedih, gue justru malah tersenyum lebar.

Kenapa gue bisa tersenyum? Ini alasannya;

Gue memang gagal buat dapetin apa yang gue inginkan. Tapi seenggaknya, gue udah pernah mencoba berusaha buat dapetin hal itu. Gue enggak menyerah, meskipun pada akhirnya hal itu enggak bisa gue raih.

Dari kontes Video Taylor Swift dan kuis Free Trip To Singapore, gue banyak banget dapet pembelajaran. Kalo memang kita mau mendapatkan sesuatu yang kita mau, kita harus berusaha sekuat yang kita bisa. Ketika orang lain hanya mau menunggu mimpi mereka datang dengan sendirinya, kita harus bangun dan menggapai mimpi itu sendiri. Emang enggak mudah, bahkan kita bakal ngerasain sakit dan lelah yang luar biasa karena kita berjuang lebih keras dari biasanya. Tapi yang jelas, apapun yang kita perjuangkan hari ini, akan berdampak besar bagi kehidupan kita kedepannya. Mungkin kita enggak bisa mendapatkan hal yang kita inginkan sekarang. Tapi suatu saat nanti, Tuhan akan memberikan satu hal yang jauh lebih baik dan enggak pernah terpikirkan sebelumnya oleh kita.

Gambar

Udah selesai dibaca? Okedeh, silahkan di komen, ya!:)

